semoga bermanfaat.! Mudah-mudahan Allah berikan taufik serta hidayah-Nya. Bacalah Dua Ayat ini Tiap Malam, InsyaAllah Rezekimu Mengalir Deras..!!!

Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah ketika malam, jadi ia akan diberi kecukupan. Sebagian ulama ada yang menyampaikan, ia dijauhkan dari permasalahan set4n.


Ada pula yang menyampaikan, ia dijauhkan dari penyakit. Ada juga ulama yang mengatakan bila dua ayat itu sudah memenuhi dari shalat malam. Benarkah?

Dua ayat itu, Allah Taala berfirman, (285) (286)
“Rasul telah beriman pada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian juga sebagian orang yang beriman. Semua beriman pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya serta rasul-rasul-Nya. (Mereka menyampaikan) : “Kami tak membeda-bedakan pada seseorang juga (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, serta mereka mengemukakan : “Kami dengar dan kami taat. ” (Mereka berdoa) : “Ampunilah kami ya Rabb kami dan pada Engkaulah tempat kembali. ”

“Allah tidak membeb4ni seseorang tetapi sama seperti kesanggupannya. Ia peroleh pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya serta ia peroleh siks4 (dari kej4h4tan) yang diakukannya. (Mereka berdoa) : “Ya Rabb kami, jangan pernah Engkau huk*um kami apabila kami lupa atau kami tersalah. Ya Rabb kami, jangan pernah Engkau bebankan pada kami beban yang berat seperti Engkau beb4nkan pada sebagian orang sebelumnya kami. Ya Rabb kami, jangan pernah Engkau pikulkan pada kami apa yg tidak dapat kami menanggungnya. Berikanlah maaflah kami ; ampunilah kami ; serta rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, jadi tolonglah kami pada golongan yang k4fir. ” (QS. Al-Baqarah : 285-286)

Diterangkan dalam hadits dari Abu Masud Al-Badri radhiyallahu anhu sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah waktu malam hari, jadi ia akan diberi kecukupan. ” (HR. Bukhari no. 5009 serta Muslim no. 808)

Hadits di atas menunjukkan

tentang keutamaan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah.

Sebagian ulama mengatakan bila siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, jadi Allah akan berikan kecukupan baginya untuk permasalahan dunia serta akhiratnya, juga ia akan dijauhkan dari keje1ekan. Ada juga ulama yang menyampaikan bila dengan membaca ayat itu imannya akan diperbaharui karena di dalam ayat itu ada sikap p4srah pada Allah Taala. Ada juga ulama yang mengemukakan bila ayat itu bisa sebagai pengganti dari bermacam dzikir karena di dalamnya sudah ada doa untuk memohon kebaikan dunia serta akhirat. Saksikan bahasan Prof. Dr. Musthafa Al-Bugha dalam Nuzhah Al-Muttaqin, hal. 400-401.

Al-Qadhi Iyadh mengatakan bila arti hadits mungkin saja dengan membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah akan mencukupkan dari shalat malam. Atau orang yang membacanya dinilai men994ntungkan hatinya pada Al-Quran.

Atau bisa pula maknanya terlindungi dari permas41ahan setan dengan membaca ayat itu. Atau mungkin saja dengan membaca dua ayat itu akan peroleh pahala yang besar karena di dalamnya ada pelajaran tentang keimanan, kep4srahan diri, penghambaan pada Allah serta di isi juga doa kebaikan dunia dan akhirat. (Ikmal Al-Muallim, 3 : 176, dinukil dari Kunuz Riyadhis Sholihin, 13 : 83).

Imam Nawawi sendiri mengatakan bila arti dari berikan kecukupan padanya berdasar sebagian ulama- yaitu ia telah dicukupkan dari shalat malam. Maksudnya, itu sudah pengganti shalat malam. Ada juga ulama yang menyampaikan arti bila ia dijauhkan dari permasalahan setan atau dijauhkan dari semuanya jenis penyakit. Semua arti itu kata Imam Nawawi bisa memaknai maksud hadits. Saksikan Syarh Shahih Muslim, 6 : 83-84.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin menerangkan tentang keutamaan dua ayat itu waktu dibaca saat malam hari, “Ketahuilah sebagian ikhwan sekalian, ke-2 ayat ini apabila di baca saat malam hari, jadi akan diberi kecukupan. Yang dimaksud diberi kecukupan disini yaitu dijaga serta diperintahkan oleh Allah, juga diperhatikan dalam doa karena dalam ayat itu ada doa untuk maslahat dunia serta akhirat. ” (Ahkam Al-Quran Al-Karim, 2 : 540-541).

Semoga bisa mengamalkan untuk membaca dua ayat paling akhir Al-Baqarah ini mulai dari malam ini. Semoga kita mencapai kebaikan dan keberkahan. Mudah-mudahan Allah berikan taufik serta hidayah-Nya.

reportaseterkini. net