MOHON BERIBU MOHON LUANGKAN WAKTU ANDA UNTUK MEMBACA ARTIKEL INI.!! JANGAN LAKUKAN INI PADA BAYI ANDA , WAKTU SEDANG BERMAEN,.!! KALAU TIDAK BISA FAT4L AKIBAT NYA (TOLONG BANTU DI SHAREI)

Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya melalui langkah mel3mpar-lemp4rkan ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau men99uncang-guncan9kan tubuh serta bahunya ker4s sambil berekspresi gem4s. Apabila anda kerjakan demikian, jadi berhentilah selekasnya. Bila saksikan orang lain berbuat demikian pada bayi mereka, cegahlah, karena demikian memiliki res!ko untuk badan bayi. 


Tahukah Anda? Kian lebih satu tahun saat itu nih sahabat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu type penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindr0m Kem4ti4n Mendadak” Satu diantara pem!cunya ini yaitu guncangan pada badan bayi. Sekian mencengangkan kan.. 

Di Jerman, rata-rata sekitaran 100 bayi masing-masing th. alami rus4knya kr!tis di otak karena mereka digunc4ng-gunc4ng peng4suhnya. Laporan mengenai angka itu berdasar pada s3nsus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memperkirakan angka bayi yang alami trauma karena digunc4ng-gunc4ng, sesungguhnya lebih tinggi lagi. 

“Gunc4ngan ker4s selama lima detik saja sudah cukup untuk mengakibatkan rus4knya beberapa fungsi ot4k, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur as0siasi itu. ” 

Mengapa gunc4ngan pada bayi bisa bermuara pada kem4ti4n? 

Menurut ahli kedokteran tadi, ini karena bayi yang masihlah sekian muda belum bisa men4han kepalanya sendiri karena ot0t lehernya yang lem4h. Mengakibatkan, apabila bayi tergunc4ng tubuhnya, kepalanya bakal bergoyang ke depan serta belakang. 

G0yangan ini yang menyebabkan rus4knya otak serta pend4r4han di dalam otak serta pada permukaan otak, hingga dapat mengakibatkan permas41ahan serius pada otak sang bayi, serta dapat menyebabkan permasalahan yang jalan permanen, seperti : 

1. Rus4knya otak 
2. Cerebr4l p4lsy 
3. Kebutaan 
4. epil4tor * dan 
5. Sulit bicara 
6. Sulit belajar 
7. Sulit koordin4si 
8. Ser4n9an jantung 
9. Keterbelakangan m3nt4l 

Tersebut disini banyak hal yang perlu dijauhi bersama tips menghindar : 

- Jangan pernah pernah men99uncang badan bayi di bawah umur 3 th., dengan alasan apa pun juga. 

- Waktu Anda menggendong bayi anda, jangan pernah lupa selalu untuk menyan99a kepala bayi anda dengan tangan. 

- Katakan dasarnya membuat perl!ndun9an kepala bayi Anda pada peng4suh bayi anda. 

- Yakinkan biasanya orang yang dekat serta sering meng93ndong bayi anda ketahui benar bah4yanya seorang bayi apabila digunc4ng-gunc4ng atau dig0yang. 

Pada sebagian orang anak bahkan bisa pula menyebabkan kem4t!an. Ini dikenal dengan sh4ken-b4by-syndr0me. Mengapa memiliki resiko? 

Bayi memiliki kepala makin besar di banding dengan anggota badan yang lain, serta ot0t lehernya tetap masih lem4h. Apabila digunc4ng, kepalanya bakal tersent4k ke depan serta ke belakang. Hent4kan-hent4kan itu bakal men99uncang otak serta merus4knya. Pembu1uh d4r4h kecilnya bakal turut rus4k, mengakibatkan pend4r4han di otak serta sekitarnya, serta di mata bayi. 

Kesempatan paling besar yaitu pada bayi dibawah 1 th., tetapi tak tutup kesempatan dapat jalan di usia yang makin besar. Yang perlu diwaspadai yaitu gunc4ngan-gunc4ngan ini dapat jalan jadi waktu kita asyik bermain dengan sang bayi. 

Karena itu ada banyak permainan serta aktivitas yang perlu dijauhi untuk menghindarnya, salah satunya : 

1. Melempar bayi ke ud4ra. 
2. Lari-lari sambil membawa bayi di pun99ung atau di kepala. 
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki serta digoy=4ng-goy4ng). 
4. Memutar bayi. 

Jangan pernah lupa mengingatkan beberapa orang di sekitaran Anda ya, berbagi informasi ini sampai terbaca oleh saudara, peng4suh, kakek-neneknya, juga tetangga untuk tidak menggunc4ng bayi.